SERU ! – Pendidikan Seksualitas dan Kesehatan Reproduksi Komprehensif bagi Anak di Lapas

SERU ! – Pendidikan Seksualitas dan Kesehatan Reproduksi Komprehensif bagi Anak di Lapas

Sudah sejak tahun 2008, Rutgers WPF Indonesia (ketika itu masih bernama WPF atau World Population Foundation) bersama organisasi-organisasi seperti Yayasan Galatea, Yayasan Pelita Ilmu dan Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) dan Plan International, menyelenggarakan program SERU! – Sumber Edukasi Masa Remajaku! sebagai pembinaan bagi remaja yang sedang menjalani masa hukuman di lembaga-lembaga pemasyarakatan khusus anak. Pembinaan seputar Hak dan Kesehatan Seksual dan Reproduksi ini, tidak hanya mendapat dukungan dari pemerintah seperti Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, tetapi juga mendapat dukungan dari Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Pendidikan Khusus.

Program SERU! dilaksanakan di lembaga-lembaga pemasyarakatan anak di kota-kota berbagai provinsi di Indonesia seperti: Medan Sumatera Utara, Tangerang Banten, Blitar Jawa Timur, Kutoarjo Jawa Tengah, Kotabumi Lampung Utara, Palembang Sumatera Selatan, Padang Sumatra Barat, Pekanbaru Riau, Martapura Kalimantan Selatan, Kupang Nusa Tenggara Timur.

Materi pelatihan yang digunakan hampir sama dengan materi program yang disampaikan kepada remaja yang berada di luar lembaga pemasyarakatan (lapas), hanya saja sebagian besar remaja di dalam lapas sebelumnya telah terpapar dengan narkoba, perilaku seksual yang tidak aman dan kekerasan, sehingga materi pelatihan mengalami peyesuaian atau digodog ulang bersama para sipir dan mantan narapidana. Penekanan diberikan terkait narkoba dan hubungan seksual tidak aman yang harus dihindari.

Berikut ini materi pelatihan yang disampaikan:

  1. Semua Berawal dari Saya
  2. Perubahan Emosi
  3. Apakah Tubuhmu Juga Berubah?
  4. Tubuh Saya, Milik Saya
  5. Pertemanan dan Hubungan Lainnya
  6. Gender (Laki-laki dan Perempuan)
  7. Perjuangkan Hakmu
  8. Seksualitas dan Cinta
  9. Kehamilan
  10. Lindungi Dirimu dari IMS dan HIV&AIDS
  11. HIV&AIDS - Kamu Juga Punya Peran
  12. Narkoba dan Dunia Remaja
  13. Cinta Seharusnya Tidak Menyakiti
  14. Masa Depan, Impian dan Rencanamu
  15. Catatan Kreatifku: Pesanku Untukmu
  16. Pameran

Program pelatihan Rutgers WPF juga menambahkan sesi-sesi pelatihan keterampilan teknologi informasi, diintegrasikan dengan sistem pendidikan di dalam lapas, untuk bekal para remaja jika sudah keluar dari lapas.

Rutgers WPF Indonesia selalu terbuka untuk membentuk kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka menyebarkan program ini lebih luas lagi, termasuk dengan lembaga dari negara lain, pemerintah daerah maupun swasta; dan juga terbuka untuk dukungan finansial yang memungkinkan pelaksanaan dan perluasan program ini.

Jangan sungkan-sungkan untuk menghubungi kantor Rutgers WPF jika membutuhkan penjelasan lebih lanjut.