Dance4life

Menari untuk Kehidupan (Dance4Life)

dance4life – memberdayakan remaja melalui pop culture

Kegiatan menari telah menjadibagian dari adat dan budaya masyarakat Indonesia. Semua suku di Indonesia mempunyai jenis tarian masing-masing yang unik. Untuk menghasilkan karya yang indah, seorang pianis mengetukkan jemarinya pada piano dan seorang gitaris memetik senar pada piano maka seorang penari menggerak-gerakkan bagian tubuhnya bahkan juga menggerakkan matanya atau rambutnya. Gerakan-gerakan yang mengikuti alunan musik atau pada tarian tertentu alunan musik justru yang mengikuti tarian. Daya kreatifitas menghasilkan tarian-tarian modern dan alunan musiknya pun modern. Tarian dapat dibawakan sendiri seorang penari atau bersama-sama dan menjadi tarian kolosal jika ditarikan oleh ratusan bahkan ribuan orang.

Dalam menyebarluaskan pengetahuan mengenai seksualitas dan kesehatan reproduksi, perilaku sehat bagi remaja dan mendorong remaja agar dapat memberdayakan sesama remaja Rutgers WPF Indonesia mengadopsi program dance4life (dance four life dan diartikulasikan sebagai dance for life). Program ini mengkampanyekan remaja yang berdaya bebas dari HIV, kekerasan seksual, dan kehamilan tidak dikehendaki dengan cara yang disukai remaja: Menari bersama-sama. Terima kasih kepada Red Zebra Foundation yang menghasilkan jenis tarian yang penuh semangat dan menggembirakan dan melatih remaja agar mampu menjadi fasilitator dengan supel dan mendidik. Dance4life telah menjadi suatu pendekatan, tak hanya tarian, yang disukai kaum muda namun menarik juga bagi semua lapisan usia.

Empat siklus membentuk remaja berdaya

Program dilaksanakan dalam empat tahapan: Inspire, Educate, Activate dan Celebrate.

Inspire: Tahap membangkitkan inspirasi dalam diri remaja untuk berbuat sesuatu yang baik bagi dirinya dan diri orang lain.

Educate: Tahap membekali remaja dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan.

Activate: Remaja mulai menerapkan apa yang mereka dapatkan termasuk mengorganisir proyek-proyek kampanye dan pemberdayaan: memberikan inspirasi kepada rekan sebayanya untuk berpartisipasi.

Celebrate: Akhirnya, keberhasilan dirayakan disyukuri dengan menari bersama.

Semua tahapan program dilaksanakan dalam kerangka bersama membentuk remaja berdaya untuk kehidupan yang produktif, bebas dari kekerasan, dan sehat baik secara psikis maupun mental. Memahami dan menjaga kesehatan seksual dan reproduksi; menjauhkan diri dari penyalahgunaan narkoba; menjauhkan diri dari tindak kriminalitas dan perilaku tidak sehat lainnya. Remaja juga diajak untuk menjadi rekan yang baik bagi mereka yang sedang menjalani masa perawatan, seperti Orang dengan HIV dan AIDS (ODHA), pengguna nasrkoba, atau rekan yang sedang menjalani masa-masa di lembaga pemasyarakatan.

Yayasan Pelita Ilmu (YPI), Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Pusat, PKBI Sumatera Utara, PKBI Riau, Ikatan Duta Mahasiwa Riau, Sentra Informasi dan Komunikasi Orang Kito (SIKOK) Jambi, PKBI Lampung, PKBI DKI Jakarta, PMI Jakarta Timur, PKBI Jateng, PKBI Jatim, PKBI Bali, PKBI DI Yogyakarta dan Youth Forum Papua; adalah sederet lembaga yang bersama-sama Rutgers WPF Indonesia melaksanakan program dance4life di Indonesia. Sementara itu, program dance4life, yang berpusat di Amsterdam-Belanda, sudah dijalankan di 30 negara di dunia. Program disebarkan melalui remaja-remaja yang sudah terlatih dan setuju menjadi motor melanjutkan kampanye perubahan bagi rekan-rekan yang belum mendapat kesempatan. Demikian penyebaran gagasan yang baik ini menjadi suatu gerakan perubahan untuk remaja dari remaja dan oleh remaja.

Setiap tahunnya, tidak kurang dari 14.000 remaja sudah menjadi bagian dari program mewakili 155 sekolah di 5 provinsi di Indonesia; dan sejumlah 4.823 orang remaja setuju untuk menjadi agent4change untuk menjangkau lebih banyak lagi remaja di lingkungannya masing-masing....sambil menari.