About Rutgers Indonesia

Jadi Bagian dari Tim Kami

Lowongan

Konsultan Media Digital

Rutgers WPF Indonesia adalah lembaga nirlaba lokal yang bekerja di Indonesia sejak 1997 untuk isu Hak dan Kesehatan Seksual dan Reproduksi (HKSR), serta pencegahan kekerasan berbasis gender dan seksual. Rutgers WPF Indonesia mengembangkan dan mempromosikan pendidikan seksualitas yang komprehensif untuk beragam kategori usia dan kebutuhan. Selain pendidikan, Rutgers juga fokus pada penguatan akses layanan kesehatan reproduksi dan seksual ramah remaja. Rutgers mendorong pelibatan laki-laki dalam pencegahan kekerasan berbasis gender. 

Dalam setiap program yang dijalankan terdapat mandat untuk melakukan kampanye terkait dengan isu yang    diangkat oleh program. Kampanye ke jaringan dan publik dilakukan melalui berbagai saluran, baik melalui media konvensional maupun digital. Untuk mendukung program-program yang sedang berjalan, Rutgers WPF Indonesia menangani beberapa akun media sosial dan website dari tiga program (GUSO, Prevention+, dan Dance4Life). Di bawah program GUSO, Rutgers WPF Indonesia mengelola website SobatASK, sebuah platform edukasi dan informasi seputar kespro dan seksualitas bagi anak muda.

Untuk kebutuhan pemeliharaan dan pengelolaan kanal digital serta pemenuhan target capaian kampanye program, Rutgers WPF Indonesia membutuhkan seorang konsultan digital. Konsultan ini akan mendukung kerja-kerja Communications Officer untuk mempromosikan isu yang diangkat oleh program-program Rutgers  dan hasil kerja program tersebut melalui media digital. Konsultan juga turut serta memberikan penguatan kapasitas bagi mitra-mitra Rutgers terkait pengelolaan dan pemanfaatan media digital. Konsultan berperan dalam melakukan monitoring dan evaluasi terkait aktivitas di saluran digital yang dikelola Rutgers.

 

Tugas Utama 

  • Membantu Communications Officer dalam mengembangkan strategi komunikasi digital untuk program-program Rutgers WPF Indonesia.
  • Mengembangkan dan memelihara kanal-kanal media digital dan jejaring sosial (cth. web, Facebook, Twitter, Instagram, dsb) SobatASK (program GUSO) , Prevention+ dan organisasi Rutgers WPF Indonesia.
  • Bersama dengan Unit Program melakukan promosi kanal-kanal digital (website, social media, dll) yang dikelola oleh Rutgers WPF Indonesia, termasuk di dalamnya kanal program-program organisasi (cth: SobatASK, Prevention+, Yes I Do, dan dance4life Indonesia).
  • Bersama dengan Communications Officer menentukan Key Performance Indicator (KPI) dari kanal-kanal media digital yang dikelola organisasi.
  • Menyusun dan mengimplementasikan rencana strategi media digital dan online engagement tahunan yang efektif termasuk monitoring dan evaluasi.
  • Melakukan quality control terhadap konten dan kualitas materi yang dipublikasikan oleh Rutgers WPF Indonesia di media digital sesuai standar dan protokol komunikasi organisasi.
  • Memantau dan melakukan analisis data dari metric akun-akun media sosial dan website yang dikelola oleh Rutgers WPF Indonesia.
  • Pembuatan laporan bulanan dan tahunan kanal-kanal media digital untuk internal dan mitra yang relevan.
  • Memonitor dan menganalisa pencapaian dan penyerapan anggaran kegiatan terkait media digital atau online engagement.
  • Membuat anggaran kegiatan yang berhubungan dengan media digital atau online engagement.
  • Memberikan bantuan teknis (Technical Assistance) mengenai strategi maupun implementasi media digital kepada Program Unit dan mitra.
  • Memonitor pekerjaan dan kinerja konsultan media digital Rutgers WPF Indonesia termasuk Web Maintenance, Content Creator, dan konsultan lainnya dalam pengelolaan media digital program terkait.
  • Berkoordinasi dengan tim komunikasi di kantor pusat untuk mensinergikan strategi media digital organisasi secara keseluruhan; termasuk mendukung kampanye yang dilakukan oleh kantor pusat.

 

Kriteria:

  1. Minimum S1 jurusan Komunikasi / Marketing.
  2. Minimum 3 tahun pengalaman di bidang komunikasi, diutamakan di NGO
  3. Kompeten dalam penulisan dan penyuntingan artikel, proposal, dan laporan
  4. Memiliki pengalaman minimum 2 tahun sebagai digital content creator
  5. Minimum 3 tahun pengalaman dalam mengelola kanal-kanal media digital (website, media sosial, dll)
  6. Mahir dalam mengoperasikan Ms Office (Words, Excel, Power Point, dll.) dan aplikasi edit gambar (image editing) seperti Photoshop atau Canva online
  7. Terbiasa bekerja menggunakan cloud-based service
  8. Mampu mengoperasikan dan menganalisis metric media digital (sosial media, website analytic, dll)
  9. Pengetahuan tentang program cycle management
  10. Mampu mengembangkan inovasi dan pemberdayaan.
  11. Memiliki sikap optimis (can do-attitude)
  12. Kreatif dan memiliki inisiatif yang baik
  13. Persuasif, mampu membina dan menjaga hubungan baik dengan mitra dan berjejaring
  14. Memiliki pengetahuan mengenai perkembangan isu sosial politik, terutama mengenai hak-hak seksualitas dan reproduksi (SRHR) dan/atau kekerasan seksual berbasis gender (SGBV)
  15. Kompeten bekerja sama, memahami/sensitif terhadap perbedaan budaya / nilai
  16. Mahir berbahasa Indonesia dan Inggris (verbal dan tertulis)

 

Durasi
Durasi kontrak berlaku selama satu (1) tahun dimulai dari November 2018 hingga November 2019.

 

Ketentuan Kerja
Konsultan mendedikasikan 40 jam kerja selama satu minggu dengan ketentuan tiga (3) hari masuk kantor dan sisanya bisa dilakukan via online. Konsultan bertanggung jawab kepada Communications Officer dan akan berkoordinasi dengan konsultan kreator konten serta web maintenance.

 

Pendaftaran
Bagi yang berminat harap kirim surat lamaran dan CV melalui e-mail ke recruitment.rutgerswpf.indo@rutgerswpfindo.org  dengan mencantumkan subyek “Konsultan Media Digital”. Deadline aplikasi ini adalah 13 November 2018.