Dance4Life Membangun Kepercayaan Diri Remaja Lewat The Journey

RutgersWPF Indonesia bersama dengan Dance4Life mempunyai cita- cita mendukung anak muda untuk berdaya sehingga mampu membangun masa depan yang gemilang.

Pada tahun 2018 ini, melalui Dance4Life akan dilakukan uji coba terhadap metode pembelajaran yang membangun jiwa kepemimpinan (personal leadership) anak muda, yaitu The Journey4Life. Metode ini berfokus pada meningkatkan kepercayaan diri anak muda melalui budaya anak muda (youth culture), seperti musik dan tari sehingga anak muda merasa nyaman dan terlibat lebih aktif. Anak muda tidak lagi menjadi objek pasif yang menerima materi hak kesehatan reproduksi dan seksual namun dilatih untuk menjadi agen perubahan yang percaya diri dan bisa menjadi panutan bagi teman sebayanya.

Rutgers WPF Indonesia berkomitmen untuk mengimplementasikan The Journey4Life di Indonesia. Sebagai tahapan awal, pada tanggal 3-6 April 2018, bersama dengan D4L International melakukan Kick Off Workshop dengan Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) DKI Jakarta, Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Timur dan Yayasan Pelita Ilmu (YPI). Workshop tersebut memperkenalkan The Journey4Life dan sekaligus mempersiapkan uji coba The Journey4Life yang akan dilakukan di Jakarta pada awal Agustus 2018. Uji coba The Journey4Life akan dilakukan dengan 1000 anak muda yang terbagi di beberapa sekolah di Jakarta. Para mitra di Jakarta sangat antusias pada saat Kick Off Workshop berlangsung. Kami menyusun lini masa uji coba tahun 2018, menyusun perencanaan sistem rujukan dari sekolah ke Puskesmas/klinik, juga mekanisme pengawasan dan evaluasi program. Salah satu kegiatan yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat adalah seleksi Champion4Life, fasilitator muda yang akan melakukan implementasi di sekolah. Jika kamu adalah fasilitator muda di Jakarta, nantikan pengumuman dari kami ya!

Responses