"Aku dan Kamu" Melindungi Anak dari Kekerasan Seksual

Rutgers WPF Indonesia bersama Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia sejak tahun 2005 telah mengembangkan program pendidikan komprehensif untuk seksualitas dan kesehatan reproduksi bagi anak usia dini.

Berangkat dari terbatasnya ketersediaan materi untuk kelompok anak usia dini dan kepedulian atas kasus-kasus kekerasan seksual terhadap anak, kedua organisasi ini berkomitmen dalam upaya memperluas akses edukasi tersebut sebagai bagian dari pencegahan. Program tersebut bernama Aku dan Kamu, yang terpusat pada pengembangan kecakapan hidup sosial anak usia dini. Edukasi ini diintegrasikan melalui sekolah anak usia dini, dengan sebelumnya memberikan pelatihan pada para guru. Program ini juga memberikan penguatan pada orang tua dan wali siswa, karena orang tua dan wali menjadi sosok pertama dan utama yang bertanggung jawab terhadap tumbuh kembang anak-anak.

Pelaksanaan program yang dimulai sejak tahun 2005 telah menjangkau 35 sekolah usia dini dan melatih 117 fasilitator (guru dan psikolog) yang menerapkan program Aku dan Kamu. Setelah memperoleh edukasi dari Aku dan Kamu, banyak orang tua yang merasa terbantu menjawab pertanyaan anak tentang seksualitas menggunakan bahasa dan pengertian sesuai dengan perkembangan usia anak. Pengetahuan dan keterampilan para guru sekolah usia dini meningkat serta menjadi sosok yang dipercaya oleh masyarakat untuk isu kesehatan reproduksi dan seksualitas. Anak-anak yang telah mendapatkan pendidikan dari modul Aku dan Kamu dapat mengenali bentuk-bentuk kekerasan dan tahu cara menghindarinya. Mereka mampu menolak jika ada hal yang tidak nyaman dan tahu cara mencari bantuan jika mengalami masalah.

Berbagai cerita baik tersebut terangkum dalam buku ini, khususnya dari proses pelaksanaan program Aku dan Kamu di Semarang, Surabaya dan Balikpapan. Melalui cerita langsung para orang tua, guru, pihak pemerintah terkait dan mitra Rutgers WPF Indonesia di lapangan yaitu Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI), terbukti bahwa program ini dapat menjadi jawaban atas kebutuhan masyarakat terhadap pencegahan pelecehan dan kekerasan seksual pada anak. Cerita-cerita baik ini diharapkan bisa menginspirasi semua pihak yang menaruh kepedulian pada perlindungan dan pendidikan anak usia dini sehingga program Aku dan Kamu dapat semakin menyebarkan efek positifnya ke seluruh penjuru Nusantara. Akhir kata, Rutgers WPF Indonesia mengucapkan terima kasih sedalam-dalamnya atas bantuan semua pihak yang memungkinkan pembuatan buku ini, terutama kepada semua narasumber yang telah bersedia diwawancarai. Juga penghargaan pada mitra kami di PKBI Pusat, PKBI Jawa Tengah, PKBI Surabaya dan PKBI Balikpapan serta Kalimantan Timur atas kerja sama dan dedikasinya hingga buku ini dapat diterbitkan.

Dalam rangka mendorong penghematan kertas, kami tidak mencetak fisik buku tersebut. Silahkan mengunduh buku praktik baik dari Program Aku dan Kamu yang berjudul Melindungi Anak dari Kekerasan Seksual: Apa yang dapat kita lakukan?

Responses