Belajar Online ala Sobat ASK

Belajar Online ala Sobat ASK

Pendidikan Seksualitas Komprehensif Online ala Sobat ASK

Fakta menujukkan bahwa remaja memiliki risiko yang tinggi mengalami kekerasan, perilaku tidak sehat dan berisiko akibat kurangnya akses informasi yang akurat dan terpercaya mengenai tubuh dan seksualitasnya. Kasus-kasus kehamilan yang tidak diinginkan, remaja yang terinfeksi infeksi menular seksual, remaja yang melakukan pengguguran kandungan secara tidak aman, dan banyak kasus lagi yang semuanya berakar dari ketidaktahuan remaja tentang bagaimana seharusnya bersikap dalam menjaga kesehatan seksual dan reproduksi mereka. Orang tua menganggap tabu membicarakan perihal seksualitas; sementara itu guru tidak membahas persoalan kesehatan seksual dan reproduksi secara tuntas dan cenderung menutup-nutupi. Terpaksa remaja belajar dari teman sebaya atau dari media internet yang belum tentu akurat, kadang menghakimi dan informasi yang didapat adalah sekedar sharing dari mereka-mereka yang mempunyai pendapat yang nota bene bisa keliru.

Rutgers WPF Indonesia bekerja sama dengan organisasi mitra telah meluncurkan program DAKU! yang memberikan panduan kepada guru-guru dan pendidik tentang segala hal yang perlu diketahui para remaja menyangkut kesehatan seksual dan reproduksi termasuk membentuk perilaku yang sehat dan aman. Memang sudah ada 21.102 orang siswa yang jadi penerima manfaat program yang dilakukan guru-guru atau pendidik di sekolah atau komunitasnya masing-masing, namun masih jauh lebih banyak yang belum mendapatkan kesempatan tersebut mengingat pendidikan seksualitas dan kesehatan reproduksi komprehensif belum diintegrasikan sepenuhnya ke dalam kurikulum pendidikan Indonesia. Berdasarkan kondisi tersebut, Rutgers WPF Indonesia berusaha memotong berbagai hambatan remaja dalam mengakses pendidikan seksualitas dan kesehatan reproduksi komprehensif dengan memfasilitasi terbitnya pendidikan DAKU! versi online yang sudah dimodifikasi, dengan situs berlabel: www.sobatask.net. Semua pengetahuan dan layanan informasi pada situs ini dikelola oleh tim ahli dan para dokter, sehingga keakuratan informasi tidak perlu diragukan lagi.

Kami bersama mitra merancang situs yang youth friendly sangat ramah remaja; dengan pilihan warna-warna, gambar, video dan animasi yang memikat. Kami berusaha membuat pengunjung situs akan merasa situs ini adalah one stop website untuk pengetahuan terkait kesehatan remaja. Semua dijelaskan dengan gamblang, termasuk hal-hal yang hanya dibicarakan teman sebaya dengan berbisik-bisik. Sebut saja soal masturbasi, menstruasi dan hubungan pacaran yang mengakibatkan kehamilan yang tidak dikehendaki.

Para remaja pengunjung situs juga dapat berkonsultasi secara online atau sekedar mendengarkan hasil konsultasi rekan remaja yang lain yang identitasnya tentu dirahasiakan.

Situs sobatask.net juga menyediakan fasilitas kursus online agar remaja dapat belajar tentang kesehatan seksual dan reproduksi secara sistematis dan lengkap dalam “Ruang Belajar Sobat ASK”. Setelah belajar disediakan sesi test dan mendapat sertifikat bagi yang berhasil menjawab pertanyaan dengan tepat. Situs yang sangat mendidik sekaligus menyenangkan.

Rutgers WPF Indonesia dan mitra berharap dengan adanya situs ini, remaja dimanapun berada, dengan akses internet pada komputer atau gadget handphone dapat belajar tentang hal-hal yang selama ini dianggap tabu tanpa kuatir mendapatkan informasi yang salah. Sedikit catatan untuk para guru dan pendidik yang juga belum sempat mengikuti program DAKU!, Anda dapat mengakses situs ini untuk mendapatkan bekal mendidik para remaja di sekolah dan komunitas masing masing. Selamat belajar ala remaja tentang kesehatan seksual dan reproduksi komprehensif secara online!